Beranda > Artikel > Menanam untuk Menuainya

Menanam untuk Menuainya

Menanam untuk Menuainya

by. makhi

Sebuah pepatah arab mengatakan:

تزرع تحصد

“kau tanam, kau anan menuainya”

Setiap orang akan menuai apa yang ia tanam. Jika dia tanam padi, maka dia akan menuai padi, jika dia tanam jagung, maka dia akan menuai jagung.

Begitu pula dengan amal perbuatan, setiap apa yang dilakukan manusia kepada sesamanya, terlebih kepada Allah swt, kela dia akan menuai hasilnya.

Jika dia selalu beramal baik, bermuamalah dengan baik, maka kebaikan pula yang akan dia dapatkan. Tetapi tidak selalu hanya kebaikan yang dia dapatkan, karena di sela-sela itu ada rumput ilalang iri dan dengki yang juga ikut tumbuh dalam kebaikan tersebut.

Coba bayangkan, orang yang selalu berbuat dan menanam kebaikan saja dalam hasil yang ia tuai masih terdapat kejelekan dari orang lain, bagaimana dengan orang yang dalam hidupnya hanya menyibukka ndiri dengan berbuat keburukan? Tidak hanya kejelekan yang dia dapatkan, tetapi dia juga akan menerima murka Allah swt, entah langsung diturunkan di dunia ini, atau menjadi tabungan keburukan yang akan dia simpan sebagai pemberat timbangan keburukan kelak pada yaumul miizaan.

Oleh karena itu, hidup yang hanya sekali dan sebentar ini, janganlah kita sia-siakan untuk memnanam keburukan. Tebarkanlah benih-benih kebaikan dalam segala hal, pupuk dengan amal ibadah secara rutin sebagai jaminan kelak kita di akhirat ketika menghadap Alah swt.

Semoga kita selalu ditunjukkan ke jalan yang lurus dan diridhoi oleh Allah swt. Amin.

Kategori:Artikel
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: