Beranda > Artikel > Persimpangan

Persimpangan

Persimpangan

by. Makhi

Tak jarang kita menemukan persimpangan dalam kehidupan, persimpangan dalam arti harfiah ataupun dalam kiasan. Dan pada saat itu pula gejolak dalam hati seringkali menimbulak kebingungan yang sangat, sehingga membuat kita bingung menentukan arah. Sebab, arah manpun yang akan kita tempuh dan jalani, semuanya memiliki konsekwensi dan tanggung jawab yang harus kita terima. Jika konsekwensi itu sebuah hal yang positif, maka bukan masalah. Akan tetapi jika konsekwensi itu adalah hal yang negative, maka kita harus pintar dan arif dalam mensikapi dan juga menghadapinya.

Dalam sebuah kaidah fiqhiyah dikatakan:

ما لا يُدرك كله لا يُترك كله

“sesuatu yang tidak dapat kita lakukan semua, maka jangan ditinggalkan semua”

Ringkasnya, jika kita menemukan beberapa pilihan, maka pilihlah satu hal yang paling syaamil terhadap pilihan yang lain, yaitu satu pilihan yang jika dipilih masih tetap memnerikan manfaat kepada pilihan yang lain.

Memang bukan suatu perkara yang mudah, tetapi tidak ada salahnya jika kita sebagai manusia untuk selalu berusaha untuk mencari dan menjadi yang terbaik.

Satu pendapat lain mengatakan, jika ada beberapa pilihan, maka pilihlah satu yang memiliki konsekwensi paling kecil, sehingga tidak merugikan diri kita sendiri, terlebih orang lain. Kalaupun pilihan itu tetap memiliki implikasi negative, maka pilihlah yang ber-implikasi paling kecil, sehingga akibat yang ditimbukannya pun dapat kita tanggung dan juga diselesaikan dengan baik.

Pada intinya, tidak ada satu pun pilihan dalam hidup ini yang tidak memiliki implikasi, konsekwensi atau akibat, karena segala yang telah terjadi, sedang terjadi dan akan terjadi, semuanya merupakan hasil dari sebab dan akibat.

Kategori:Artikel
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: